ARTIKEL

Alat Pemadam Api Ringan atau APAR

Jul, 3rd 2017

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ini mudah kita temui dan jumpai di kantor-kantor atau di gedung-gedung, namun sayang jarang sekali di rumah menyedikan APAR ini untuk Mengantisipasi Kebakaran di Rumah.

Untuk memadam api jika terjadi kebakaran, usaha kita paling-paling hanya menyiram dengan air atau memadamkan api dengan karung basah. Padahal jika ingin cepat maka APAR adalah pilihan yang terbaik agar pemadaman tidak terlambat.


Sebetulnya APAR ini mudah didapatkan, namun karena harganya sedikit mahal dan kita sering menganggap remeh masalah kebakaran jadi urung dech kita membeli alat pemadam api ini. Sebagai tambahan informasi, harga APAR powder ukuran 2 kg atau 3 kg dikisaran 350 rb sampai 450 rb.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah sebagai berikut :
1. APAR Dry Chemical Powder
APAR bubuk tersedia 3 macam bubuk yaitu warna putih, merah muda dan kuning serta memiliki selang penyemprot yang bentuknya langsing.
2. APAR Karbondioksida (CO2)
Tabung atas APAR ini berwarna hijau dan bawahnya berwarna merah, serta memiliki selang penyemprot. APAR ini jika disemprotkan akan berbentuk kabut.
3. APAR Busa
Sesuai namanya, APAR ini berisi busa atau foam, tabungnya lebih besar dari jenis Dry Chemical Powder maupun Karbondioksida. Tabung jenis busa ini tidak memiliki selang penyemprot.
Demikianlah tentang Alat Pemadam Api Ringan (APAR), semoga bermanfaat.