ARTIKEL

Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan Di Tempat Kerja

Jul, 3rd 2017

Tanpa kita sadari, bahaya yang sering dan paling umum harus dihadapi di tempat kerja adalah api. Alat Pemadam Api Ringan adalah alat pemadam kebakaran yang bisa menjadi alat yang sangat berharga untuk memerangi bahaya kebakaran di tempat kerja atau untuk melindungi rute jalan evakuasi jika terjadi kebakaran yang sangat besar.

Alangkah baiknya bila di tempat kita bekerja diadakan pelatihan secara menyeluruh bagaimana caranya untuk menggunakan alat pemadam kebakaran dengan benar, serta bagaimana cara untuk menilai situasi secara akurat dan menentukan kapan evakuasi harus dilakukan bila keadaan memburuk. Karyawan sebaiknya dilatih menggunakan tabung pemadam kebakaran secara rutin setiap tahunnya.

Teknik pelatihan pemadam api sederhana yang perlu diketahui para karyawan adalah metode PASS:

Pull: Tarik pin pada alat pemadam

Aim: Arahkan nosel selang ke arah dasar api

Squeeze: Tekan pegangan untuk melepaskan Zat pemadam

Sweep: Sapu nosel dari sisi ke sisi di dasar api sampai padam

Mengetahui cara mengoperasikan alat pemadam api ringan bukanlah akhir dari latihan. Para karyawan juga harus dilatih untuk memathui protokol berikut ini:

Jika ditemukan api, segera nyalakan alarm kebakaran atau hubungi petuga pemadam kebakaran

Sebelum mendekati api, tentukan jalur evakuasi yang aman dari api, panas maupun dari asap yang berlebihan. Jangan biarkan jalur evakuasi ini tersumbat

Gunakan teknik PASS untuk menggunakan tabung pemadam dan segera mundur dari area jika api membesar

Jika alat pemadam habis dan api tidak padam, segera lakukan evakuasi

Jika Api membesar melebihi apa yang bisa ditangani dengan aman, segera evakuasi.

Alat pemadam kebakaran dimaksudkan hanya untuk menangai kebakaran kecil saja. Jika api sudah terlalu besar atau lingkungan telah menjadi terlalu berbahaya para karyawan harus segera mengevakuasi daerah tersebut. Lakukan segera proses evakuasi sesuai dengan prosedur.

Sebaiknya jangan mencoba memadamkan api bila: api terlalu besar, api melibatkan pelarut yang mudah terbakar, sebagian api tersembunyi di balik dinding atau langit - langit, tidak bisa dicapai dari posisi kita berdiri atau mencakup area melebihi dari 5,5 meter persegi. Udara tidak aman untuk bernafas, kadar asap membuat api tidak mungkin dilawan tanpa alat pelindung pernafasan. Lingkungan telah terlalu panas atau berasap, panas yang dipancarkan sangat terasa, sehingga sulit untuk mendekati api dengan jangkauan yang memadai dengan menggunakan alat pemadam kebakaran serta visibilitas yang sangat buruk. Jalur evakuasi terganggu, api sangat besar dan panas sehingga api menghalangi jalur evakuasi potensial.