ARTIKEL

Cara Mengecek APAR atau Alat Pemadam Api Ringan

Jul, 3rd 2017

Alat Pemadam Api Ringan atau APAR adalah salah satu dari varian alat pemadam kebakaran jenis portable yang sering kita jumpai dimanapun juga baik di gedung - gedung perkantoran, apartemen maupun di pusat perbelanjaan. Adanya alat pemadam api ringan pada gedung atau bangunan merupakan suatu kewajiban minimal yang harus dipenuhi dalam upaya memberikan keamanan serta perlindungan di gedung - gedung dan bangunan dari resiko ancaman bahaya kebakaran.

Ketersediaan APAR atau tabung pemadam sebagai alat yang digunakan sebagai pemadam api darurat yang digunakan dalam situasi mendesak. Oleh sebab itu tabung pemadam kebakaran ini harus selalu rutin di cek secara berkala untuk memastikan APAR tersebut selalu dalam kondisi prima dan selalu siap digunakan kapan pun saat dibutuhkan.

Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan pada umumnya bertujuan untuk memeriksa kondisi APAR apakah masih dalam keadaan yang layak dan aman atau justru harus segera diadakan perawatan atau servis hingga penggantian dengan APAR yang baru. Cara mengecek APAR sendiri pada umumnya berkaitan dengan berbagai faktor dan penilaian yang meliputi pengecekan pada label yang memuat historis mengenai tanggal pengisian ulang APAR yang dapat memberikan kita informasi berupa waktu pengisian ulang terakhir kali muatan di dalam tabung APAR, pengecekan berat dan isi muatan di dalam tabung, apabila tidak memenuhi syarat harap dilakukan pengisian ulang karena pengisian ulang muatan pada tabung APAR pada umumnya harus dilakukan dalam rentang waktu setiap 1 hingga 2 tahun sekali.

Langkah selanjutnya adalah pengecekan tekanan yang ada pada APAR melalui pressure gauge yang apabila dalam keadaan normal seharusnya menunjukkan jarum yang berada pada area warna hijau, pengecekan kondisi Safety Pin yang diharapkan masih dalam keadaan terpasang secara tepat, pengecekan pada Handle APAR apakah masih mampu bekerja secara optimal atau justru terjadi kemacetan atau kerusakan lain yang membahayakan, serta pengecekan pada selang dan tentunya juga pada nozzle APAR untuk menentukan tidak ada kebocoran, keretakan, ataupun tekukan yang menyebabkan selang tak lagi mungkin untuk digunakan.
Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan Secara Manual

Namun tak hanya itu, Cara Mengecek Alat Pemadam Api Ringan juga meliputi pengecekan muatan di dalam tabung di mana pengecekan tahap ini akan disesuaikan dengan jenis atau klasifikasi APAR yang ditinjau berdasarkan muatan atau agen pemadam api yang tersimpan di dalam tabung APAR. Seperti misalnya, APAR dengan klasifikasi muatan berupa bubuk kimia kering atau dry chemical harus dicek dengan cara mengangkat APAR untuk kemudian dibolak-balikkan. Apabila dalam keadaan normal, maka saat APAR dry chemical diperlakukan seperti itu, akan terdengar suara muatan di dalamnya yang seperti pasir terjatuh. Sedangkan untuk jenis-jenis APAR dengan muatan yang lain memiliki cara pengecekan yang tentunya berebeda-beda.

Pengecekan juga harus memenuhi berbagai penilaian yang ada pada kartu check list  yang memuat daftar komponen dari APAR yang harus dicek. Setelah memenuhi seluruh tahap pengecekan APAR, maka isilah tabel check list dan juga kartu pemeriksaan APAR dengan mencantumkan informasi sebenar-benarnya beserta tanggal pengecekan. Kembalikan APAR pada tempat semula APAR tersebut, yaitu dengan menggantungnya secara benar dan aman. Namun, pada umumnya APAR memiliki masa manfaat hingga bertahun-tahun sesuai dengan jenis APAR dan muatannya. Apabila APAR telah melewati masa manfaat, harap untuk mengganti APAR tersebut dengan APAR yang baru karena persiapan darurat untuk risiko terburuk seharusnya didukung oleh peralatan yang memadai.