ARTIKEL

Mengenal Jenis Kebakaran & Cara Memadamkannya

Jul, 2nd 2017

Seringkali dalam peristiwa kebakaran yang menyebabkan objeknya habis terbakar secara cepat terjadi bukan hanya disebabkan oleh kecerobohan manusia itu sendiri, namun juga disebabkan oleh kesalahan dalam proses pemadamannya.

Agar kebakaran dapat diatasi secara cepat sebelum bertambah besar dibuatlah standar keamanan agar gedung - gedung kantor maupun tempat tinggal yang dibangun wajib memiliki Alat Pemadam Api Ringan atau dikenal pula sebagai APAR yang ditempatkan pada posisi tertentu.

Gedung - gedung maupun perkantoran yang memiliki beberapa Tabung Pemadam Kebakaran di posisi tertentu berarti telah memenuhi Standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Supaya kita bisa secara  jelas mengenal jenis - jenis apar maupun fungsinya, sebaiknya jika kita mengenal pembagian kategori - kategori jenis sumber - sumber api terlebih dahulu...

Kebakaran secara umum dibagi menjadi 4 kategori yaitu:

Kelas A: Kebakaran yang berasal dari bahan - bahan padat biasa yang mudah terbakar
Contohnya adalah plastik, karet, kertas serta kayu kering dan bahan sejenis lainnya

Kelas B: Kebakaran yang disebabkan oleh sumber - sumber kebakaran yang berasal dari gas dan bahan cari yang mudah menyala bila terkena api                                                                                                                                                           Contohnya adalah gas elpiji, solar, thinner, bensin serta bahan - bahan sejenis lainnya                                                                                                                                                                      
Kelas C: Kebakaran yang bersumber dari hubungan arus pendek atau sumber listrik                                                           Contohnya adalah pemasangan kabel secara sembrono atau tidak tepat, generator listrik, dan sebagainya.

Kelas D: Kebakaran yang disebabkan karena terbakarnya benda logam, seperti lithium, potassium, magnesium, dan lain-lain.